
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada fase C (kelas V dan VI) akan dilaksanakan dalam mode blok atau terkumpul dalam beberapa minggu yakni dari tanggal 11 November – 31 November 2024 dengan total 106 jam pelajaran. Pada tahun ajaran 2024/2025 ini, proyek akan bertema “Kearifan Lokal” dengan judul Melestarikan Pendalangan Wayang Kulit Cirebon. Karakter dimensi yang akan diperkuat dalam proyek adalah Berkebhinekaan global, Bergotong-royong, Kreatif dan Bernalar kritis.

Deskripsi Singkat Latar Belakang pemilihan Topik P5
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau dikenal dengan istilah P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.
Berbagai permasalahan di lingkungan sekitar yang sudah terjadi adalah siswa di zaman sekarang banyak mengidap zat adiktif yang bernama gadget, kurangnya kemandirian, gotong royong dan kurang mengetahui tentang budaya sendiri.

Pemaparan singkat permasalahan di atas sedikit banyaknya telah terjadi pada siswa zaman sekarang. Maka dari itu dengan adanya P5 ini sebagai solusi untuk membentuk dan menguatkan profil pelajar Pancasila yang sangat dibutuhkan siswa di zaman sekarang. Siswa akan dikenalkan dan diajak untuk mengetahui dan melestarikan budaya Cirebon berupa wayang kulit Cirebon.
Secara garis besar, Apa saja tahapan proyeknya?
Tahapan P5 di fase C di antaranya adalah :
a. Mengenali dan membangun peserta didik terhadap isu pelestarian budaya lokal (Cirebon),
b. Menggali permasalahan di lingkungan terkait topik wayang kulit Cirebon,
c. Mewujudkan pelajaran yang telah didapat melalui aksi nyata,
d. Mewujudkan pelajaran yang telah didapat melalui aksi nyata, dan Menggenapi proses dengan berbagi karya dan pagelaran serta melakukan evaluasi dan refleksi.
Keempat tahap tersebut merujuk pada FIDS atau Find-Imagine-Do-Share (Kiran Bir Sethi dalam program I Can!)
Secara rinci, berikut adalah tahapan aktivitas proyek melestarikan pendalangan wayang kulit Cirebon:
Pemetaan Tahapan Aktivitas
Sosialisasi | |||
Asesmen Diagnostik : perihal rasa cinta budaya lokal (3JP) | Sosialisasi Proyek kepada orang tua siswa (4JP) | ||
FIND (Temukan) | |||
Aktivitas 1 : Apa itu wayang Kulit Cirebon? (4JP) | Aktivitas 2 : Kenapa kita harus mengangkat budaya lokal? (3JP) | Aktivitas 3 : Sejarah Wayang Kulit Cirebon (7JP) | Aktivitas 4 : Mencari informasi tentang jenis wayang kulit Cirebon (7JP) |
IMAGINE (Bayangkan) | |||
Aktivitas 5 : Pentingnya melestarikan budaya (3JP) | Aktivitas 6 : Mengumpulkan pertanyaan tentang wayang kulit Cirebon (4JP) | Aktivitas 7 : Observasi Video Pagelaran Wayang Kulit Cirebon (4JP) | Aktivitas 8 : Mengenal dalang wayang Cirebon (3JP) |
DO (Lakukan) | |||
Aktivitas 15 : Pembagian Karakter Wayang per-kelompok (2JP) | Aktivitas 16 : Menyusun strategi pengerjaan membuat wayang sederhana (2JP) | Aktivitas 17 : Menyusun alat dan bahan yang diperlukan untuk pengerjaan (4JP) | Aktivitas 18 : Bengkel Proyek (Pembuatan Wayang) (21JP) |
Aktivitas 19 : Mengenal suluk dan menyusun naskah dialog wayang (3JP) | Aktivitas 20 : Pendampingan dan pemantapan naskah dialog (4JP) | Aktivitas 21 : Latihan membawakan pagelaran wayang sederhana (7JP) | |
SHARE (Bagikan) | |||
Aktivitas 22 : Pagelaran Wayang Sederhana Kelas V (14JP) | Aktivitas 23 : Refleksi selama pengerjaan proyek (Kelompok) (7JP) |
Catatan : Total Jam Pelajaran Proyek : 106 JP
1 JP = 35 menit
Apa saja tujuan proyek ini?
Tujuan proyek ini adalah sebuah karakter peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar pancasila yang akan terlihat dalam kegiatan aktivitas proyek. Berikut adalah pemaparan dari dimensi karakter hingga sampai ke target pencapaian.
Dimensi | Elemen | Subelemen | Target Pencapaian |
Berkebhinekaan Global | Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya | Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budayadi sekitarnya; serta menjelaskan peran budaya dan Bahasa dalam membentuk identitas dirinya. |
Mengenal dan menghargai budaya | Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan serta praktiknya | Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan, dan praktik dari berbagai kelompok budaya. | |
Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan | Refleksi terhadap pengalaman kebhinekaan | Menjelaskan apa yang telah dipelajari dari interaksi dan pengalaman dirinya dalam lingkungan yang beragam. | |
Bergotong royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah). |
Kolaborasi | Koordinasi Sosial | Menyelaraskan tindakannya sesuai dengan perannya dan mempertimbangkan peran orang lain untuk mencapai tujuan bersama. | |
Bernalar kritis | Mengidentifikasi, mengklarifikasi dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan sederhana | Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa. |
Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinil | Menghasilkan gagasan yang orisinil | Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Apa yang diperlukan untuk terlaksananya proyek?
Ada beberapa yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek melestarikan pendalangan wayang kulit cirebon, diantaranya adalah:
- Modul Proyek yang sudah disusun oleh guru (link download terlampir dibawah)
- Alat dan bahan pendukung (terlampir dalam modul) contohnya seperti: kertas hasil print sketsa wayang, cat akrilik, bambu, kuas, gunting dan lem.
- Alat dan bahan untuk pagelaran. seperti: batang pohon pisang, kain, lampu, wayang, naskah dialog, gamelan.

Berikut adalah link download Modul 1 P5 Fase C Kelas V dan VI Tahun Pelajaran 2024/2025:
Comments
Semangattt buat anak2 SD kalper . Semoga lancar dlm mengerjakan tugas p5 ini